Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon di Depan Kedaton Kesultanan Ternate Itu Diberi Nama “Cengkeh Buwas”

Kompas.com - 24/03/2017, 12:23 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso menanam pohon cengkeh di halaman Kedaton Kesultanan Ternate, Maluku Utara, Kamis (23/3/2017) siang.

Uniknya, pohon cengkeh tersebut diberi nama oleh masyarakat adat Kesultanan Ternate dengan “Cengkeh Buwas”.

Pohon cengkeh ini sebagai simbol partisipasi masyarakat adat Kesultanan Ternate bersama-sama dengan BNN serta instansi terkait lainnya turut serta dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika di Maluku Utara yang jumlahnya kini mencapai 14.988 orang.

Penanaman satu pohon cengkeh tersebut dilakukan Buwas didampingi perangkat adat Kesultanan Ternate usai acara pengukuhan Masyarakat Adat Kesultanan Ternate Anti Narkoba di Pendopo Kesultanan Ternate.

Buwas mengatakan, pengukuhan ini merupakan upaya positif dan langkah strategis dalam menurunkan prevalensi pengguna narkoba karena masyarakat adat Kesultanan Ternate memegang peranan penting dan dapat menjadi garda terdepan dalam pemberantasan narkotika di Maluku Utara.

“Falsafah hidup adat kesultanan, adat bersendikan agama, agama bersendikan kitabullah dan kitabullah bersumber dari Allah SWT merupakan kearifan lokal yan mesti ditanamkan kepada generasi anak cucu agar mereka menghindari narkoba dan tidak sekali kali menyalahgunakannya,” kata Buwas.

Pengukuhan yang langsung dilakukan Kepala BNN ini kata Jogugu Kesultanan Ternate Machmud Zulkiram merupakan suatu kehormatan bagi Kesultanan Ternate.

Perang saat ini, lanjut dia, tidak lagi menggunakan senjata tapi hanya dengan narkoba bangsa dengan begitu mudah dihancurkan.

Berangkat dari kekhawatiran ini, Kesultanan Ternate sangat peduli untuk bersama-sama dengan BNN Maluku Utara dan instansi terkait lainnya untuk berantas penyalahgunaan narkoba sejak dini.

“Pengukuhan ini sebagai bukti bahwa masyarakat memerangi narkoba dari tingkat bawah,” kata Zulkiram.

Usai acara pengukuhan, Buwas langsung menanam satu pohon cengkeh yang telah disiapkan pihak kesultanan di depan Keraton Kesultanan Ternate. Pohon cengkeh tersebut diberi nama cengkeh Buwas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com