Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hiu Macan" Tangkap 13 Kapal Nelayan Vietnam

Kompas.com - 22/03/2017, 15:56 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kapal Pengawas (KP) Hiu Macan-01 milik Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan-Kementerian Kelautan dan Perikanan (PSDKP-KKP) mengamankan 13 kapal nelayan asal Vietnam saat sedang menangkap ikan di perairan Indonesia di Laut Natuna, Selasa (21/3/2017).

Penangkapan tersebut berawal dari patroli rutin KP Hiu Macan 01 yang di nahkodai Kapten Samson bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI di bagian timur Laut Natuna.

Kepala Sub Bagian Humas Bakamla RI Kapten Marinir Mardiono mengatakan, saat sedang melakukan operasi patroli rutin tersebut, petugas melihat adanya aktivitas mencurigakan oleh sekelompok kapal ikan sedang melakukan aktivtas penangkapan ikan.

"Setelah didekati oleh kapal pengawas Hiu Macan 01 dan dideteksi melalui pantauan radar serta teropong, terlihat kapal ikan asing berbendera Vietnam sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal dengan menggunakan alat tangkap pair trawl yang dilarang di wilayah perairan Indonesia," ujar Mardiono, Rabu (22/3/2017).

Melihat kedatangan kapal pengawas, lanjut Mardiono, kapal-kapal ikan asing itu berusaha melarikan diri sehingga dilakukan pengejaran kapal pengawas dan berhasil dilakukan penangkapan terhadap seluruh kapal.

Dari 13 kapal tersebut, petugas juga mengamankan 96 anak buah kapal berkewarganegaraan Vietnam. Selanjutnya, keseluruhan kapal tersebut akan digiring menuju Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak.

Kepala PSDKP Pontianak Erik Sostenes Tambunan mengatakan, rencananya kapal-kapal tersebut akan tiba di Pontianak pada hari Jumat (25/3/2017).

"Rencananya Jumat besok kapal-kapal itu merapat ke PSDKP Pontianak," ujar Erik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com