Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pantura Brebes ada "Dara Kece" untuk Tekan Angka Kecelakaan

Kompas.com - 21/03/2017, 21:15 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Polres Brebes, Jawa Tengah, mendirikan tugu "Dara Kece" (daerah rawan kecelakaan). Tugu setinggi 3 meter ini sengaja dibangun untuk mengingatkan para pengendara agar lebih berhati-hati dalam berlalu lintas.

Tugu "dara kece" yang terbuat dari cor beton ini berada di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes, salah satu daerah rawan kecelakaan di Brebes. Di atas tugu, terdapat sepeda motor rusak yang di cat berwarna-warni. 

Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan mengatakan sepeda motor yang dipasang di atas tugu merupakan motor yang terlibat kecelakaan. Pengemudi motor tersebut tewas karena tidak tertib berlalu lintas. 

"Pembuatan tugu laka lantas ini memang salah satu upaya Polres Brebes untuk mengurangi kecelakaan di jalur pantura Brebes. Makanya di tugu tersebut, kami memasang sepeda motor pasca-kecelakaan sebagai pengingat para pengguna jalan untuk berhati-hati,” ujar Luthfie, Selasa (21/3/2017).

 

Luthfie menjelaskan, sepanjang 30 kilometer jalur Pantura dari perbatasan Kaligangsa hingga Cisanggarung, terdapat beberapa titik daerah rawan kecelakaan lalu lintas. Karena itu, ia berharap pengguna jalan saling menghormati dan tertib berlalu lintas.

Karena ketika pengendara kendaraan bermotor tertib berlalu lintas, angka kecelakaan akan dapat dikurangi.

"Kami ingin agar para pengendara, dan juga masyarakat Brebes, lebih berhati-hati usai melihat keberadaan tugu ini," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com