Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kecamatan di Sukabumi Dilanda Banjir dan Longsor, 1 Warga Terluka

Kompas.com - 05/03/2017, 17:39 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2017) mengakibatkan bencana di tiga kecamatan, yakni Sukaraja, Kebonpedes dan Kalapanunggal.

''Hujan intensitas tinggi yang berlangsung Sabtu sore kemarin mengakibatkan bencana di tiga kecamatan,'' kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada Kompas.com, Minggu (5/3/2017) sore.

Berdasarkan data sementara, lanjut dia, di Kecamatan Sukaraja terjadi bencana tanah longsor yang mengakibatkan satu bangunan pondok pesantren rusak. Penyebab longsor ini adalah tembok penahan tanah bagian belakang SDN 1 Pasirhalang ambrol.

''Pada bencana di Sukaraja ini, ada warga yang menjadi korban dan terluka. Saat itu korban melintas di lokasi kejadian, dan sudah ditangani tim medis Puskesmas setempat,'' ujar dia.

Baca juga: Longsor di Sukabumi, Seorang Warga Luka dan Bangunan Pesantren Rusak

Dia menuturkan, bencana longsor juga terjadi di Kecamatan Kalapanunggal. Satu rumah tertimbun.

Sementara di Kecamatan Kebonpedes, puluhan hektar sawah dan permukiman sempat terendam banjir dari luapan sungai.

''Personal kami dari BPBD dan relawan BPBD sudah dikerahkan ke masing-masing lokasi untuk mengecek dan mendata. Kami juga terus berkoordinasi dengan aparat kecamatan dan pemerintahan desa setempat,'' tuturnya.

Menurut Usman, rencananya Senin besok bantuan dalam tahap tanggap darurat segera disalurkan ke lokasi bencana. Di antaranya bahan bangunan ke lokasi di Kalapanunggal dan bronjong ke Kecamatan Kebonpedes.

''Untuk bencana yang di Sukaraja akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Baznas. Sedangkan korban yang luka sudah berkoordinasi dengan puskesmas setempat,'' kata Usman.

Baca juga: Siang Pergi Mancing, Sore Ditemukan Tewas di Selokan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com