Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magetan Diterjang Longsor dan Banjir, 2 Rumah Rusak

Kompas.com - 02/03/2017, 15:57 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MAGETAN, KOMPAS.com - Dua rumah rusak dan satu ruas jalan desa tertutup menyusul bencana longsor dan banjir yang menerjang Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (2/3/2017).

"Dua rumah yang rusak milik Miskun, warga Desa Sombo, Kecamatan Poncol dan Supiati, warga Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Sementara jalan yang tertutup di Desa Cileng, Kecamatan Poncol," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, Kamis (2/3/2017).

Menurut Fery, longsor merobohkan bagian dapur rumah Miskun (55) dengan kerugian mencapai Rp 15 juta. Sementara retakan tebing menimpa rumah Supiati menyebabkan ruang tengah rumahnya longsor dengan kerugian Rp 10 juta.

Fery menyebutkan ada lima lokasi yang terkena longsor dan banjir sejak Rabu (1/3/2017) hingga hari ini, yakni tiga titik di Poncol, satu di Kartoharjo dan satu titik di Panekan.

Ia menyebutkan pada Rabu (1/3/2017), bencana longsor melanda Desa Cileng, Dukuh Jurang Banteng, Kecamatan Poncol-Magetan.

"Tanah longsor berasal dari retakan tanah tebing setinggi 12 meter dan lebar 8 meter hingga menutup jalan antara dusun di Desa Cileng," kata Ferry.

Sementara hari ini dilaporkan bencana longsor melanda Desa Sombo, Kecamatan Poncol; Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan; Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, dan; Desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo.

"Untuk di Desa Ngelang, banjir menggenang jalan desa dan beberapa lahan sawah sejak pukul 03.00 WIB dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter. Saat ini kondisinya sudah surut. Tinggal di sisa di sawah saja yang masih ada airnya," jelas Fery.

Atas bencana itu, jelas Fery, Tim BPBD bekerja bakti di beberapa lokasi bersama koramil, polsek, relawan dan masyarakat.

"Untuk daerah Gonggang besok, Jumat (3/3/2017) akan dilakukan kerja bakti guna membuka akses jalan sehingga dapat dilalui kembali kendaraan roda empat," tandas Fery.

Ia mengimbau masyarakat tetap waspada mengingat beberapa hari ke depan masih terjadi hujan intensif ringan hingga lebat di Magetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com