Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Orang Resmi Mendaftar Jadi Rektor UGM

Kompas.com - 20/02/2017, 16:55 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Sebanyak sembilan orang secara resmi mendaftar sebagai calon Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2017-2022.

Kesembilan calon Rektor yang secara resmi telah menyerahkan formulir pendaftaran dan melengkapi dokumen administrasi, yakni Bagas Pujilaksono, Panut Mulyono, Ali Agus, Mudrajat Kuncoro, Dwikorita Karnawati, Erwan Agus Purwanto, Titi Savitri Prihatiningsih, Paripurna, dan Nizam.

Ketua Panitia Kerja (Panja) Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Indarto, mengatakan, awalnya ada 46 orang yang mendaftar secara online.

"Yang secara resmi mendaftar dan melengkapi dokumen ada 9 orang," ucap dia, dalam siaran pers Humas UGM, Senin (20/2/2017).

Indarto menyebutkan, sembilan orang yang telah menyerahkan formulir pendaftaran dan melengkapi dokumen administrasi itu, akan mengikuti tahap verifikasi berkas dokumen sebagai syarat untuk ditetapkan sebagai bakal calon.

Proses tahapan seleksi administrasi tersebut akan dilakukan hingga pada 17 Maret mendatang.

Selanjutnya calon yang dinyatakan lolos seleksi adminitrasi akan mengikuti uji publik lewat  forum aspirasi warga kampus pada 18-31 Maret.

Setelah lolos, mereka masih mengikuti proses seleksi dihadapan anggota Senat Akademik (SA) Universitas Gadjah Mada. Anggota senat, nantinya akan memilih calon menjadi tiga besar.

"117 Anggota Senat Akademik (SA) akan memilih bakal calon yang sudah mendaftar tersebut untuk dipilih menjadi tiga besar," ucapnya.

Proses seleksi di tingkat SA UGM dilaksanakan pada minggu pertama bulan April. Kemudian pemilihan dan penetapan Rektor terpilih oleh Majelis Wali Amanat (MWA) dilaksanakan pada Minggu ketiga bulan April.

Sementara itu anggota Panja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM Dr Arie Sudjito mengungkapkan proses pelaksanaan seleksi di tingkat panja dilakukan secara transparan dan akuntabel.

"Harapan kami, partisipasi masyarakat kampus dan masyarakat luas untuk memberikan masukan dan informasi mengenai track record para kandidat," ucapnya.

Arie berharap para calon rektor bisa mengikuti forum aspirasi masyarakat kampus. Menurutnya forum untuk uji publik ini, bertujuan untuk mengeksplorasi program kerja para calon rektor berdsarkan visi dan misi UGM.

"Lewat forum ini warga kampus tidak kehilangan sikap kritis dalam menilai kandidat dan UGM nantinya bisa mendapatkan calon terbaik untuk lima tahun ke depan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com