Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian ABK Filipina yang Jatuh di Laut Belitung Dihentikan

Kompas.com - 28/01/2017, 17:44 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Badan SAR Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, telah menghentikan upaya pencarian seorang awak kapal berkewarganegaraan Filipina yang dilaporkan jatuh dari kapal kargo Vessel Shibumi di Laut Belitung.

"Sudah tujuh hari kami melakukan penyisiran. Dihentikan dulu, tapi tetap siaga jika ada laporan nelayan setempat," kata Kasi Ops Badan SAR Pangkalpinang, Kornelis, Sabtu (28/1/2017).

Korban, Michael John Abibiason (22), diperkirakan hilang tenggelam di wilayah perairan laut sekitar 63 mil dari Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkal Pinang.

Baca juga: ABK Asal Filipina Dilaporkan Jatuh dari Kapal Kargo di Selat Bangka

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti jatuhnya korban dari kapal berbendera Malta itu.

KM Vessel Shibumi yang bertolak dari Jepang memasuki wilayah Kalimantan dan Laut Jawa kemudian menuju Singapura melalui perairan dangkal, Laut Belitung.

Menurut Kornelis, beberapa hari setelah melakukan pencarian ABK kapal asing, pihaknya menerima laporan kapal kayu pengangkut barang karam di wilayah yang sama. Dalam insiden itu 4 orang ikut tenggelam.

"Dua orang ditemukan selamat. Sisa dua orang masih dicari," ujarnya.

Karena masih di wilayah Laut Belitung, target pencarian tidak hanya untuk awak kapal kayu tetapi juga ABK kapal kargo yang jatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com