Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambu Petunjuk Jalan di Kendal Banyak yang Rusak, Warga Rawan Tersesat

Kompas.com - 16/01/2017, 12:06 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, Kompas.com - Sejumlah rambu petunjuk jalan di Kabupaten Kendal rusak. Beberapa di antaranya bahkan salah dan justru bisa menyesatkan pengguna jalan, khususnya masyarakat yang dari luar Kendal.

Bahkan ada pula rambu yang tulisannya hilang, karena sebagian sudah lepas. Seperti rambu petunjuk jalan yang ada di jalan tembus, yang menghubungkan Pantura Ketapang Kendal dengan Cepiring.

“Rambu di Cepiring, dari arah timur, kurang penyebutan nama. Seharusnya ke arah barat menyebutkan Kecamatan Weleri, tetapi rambu tersebut justru menyebut Kendal. Padahal, posisi Kendal berada di sebelah timur Kecamatan Cepiring,” kata salah satu pengguna jalan, Rosyid, Senin (16/1).

Rosyid menambahkan, bagi warga Kendal mungkin rambu itu tidak terlalu menjadi persoalan. Namun, lain halnya bagi warga luar Kendal, apalagi mereka yang tidak mengetahui lokasi. Keberadaan rambu tersebut justru akan menyesatkan.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Perhubungan, M Toha, mengatakan, pihaknya telah mengecek rambu rambu petunjuk jalan di Kendal. Ia mengakui kalau ada beberapa petunjuk jalan yang rusak dan salah meletakkan.

“Petunjuk jalan itu, dibuat oleh Dinas Perhubungan Kendal dan Provinsi. Yang tanggungannya kami, nanti saya ganti. Kalau yang buat provinsi, nanti kami akan lakukan koordinasi,” kata Toha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com