Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Libatkan 15 Kendaraan, 4 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka

Kompas.com - 13/01/2017, 19:01 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Kecelakaan maut terjadi Jalan Raya Purwodadi-Malang, di depan SMA Advent Purwodadi, Jumat (13/1/2017). Kasatlantas Pasuruan AKP Evon Fitrianto mengatakan, kecelakaan melibatkan 15 kendaraan.

"Sepeda motor ada tujuh, enam mobil, baik itu sedan atau city car, dan dua dumptruck, satu berukuran kecil, satunya berukuran besar," katanya saat dihubungi, Jumat sore.

Dia mengatakan, dugaan sementara, kecelakaan ini disebabkan karena rem kendaraan dumptruck yang dikemudikan Farikhul (35), warga Jombang, blong. Dumptruck lalu menabrak kendaraan lain yang ada di depannya.

"Dumptruck bermuatan limbah ini menabrak sepeda motor dan mobil. Bahkan, ada kendaraan yang terpental dan berpindah jalur," tuturnya.

Evon mengatakan, rem dumptruck diketahui blong berdasarkan pengakuan sang kenek yang selamat, Zainul (25), warga Jombang. Kepada petugas, Zainul mengaku bahwa rem sudah terasa blong sejak melewati Bakpao Telo. Saat itu, dumptruck melaju dari arah Malang ke Surabaya.

"Kata keneknya, rem sudah terasa blong di Bakpao Telo Lawang. Sejak saat sopir sudah berusaha menghentikan kendaraan, tapi faktanya tidak bisa berhenti," ungkapnya.

"Sesuai keterangan saksi, dumptruck menabrak kendaraan lainnya. Ada yang masuk sungai, ada juga yang terpental dan berpindah jalur sebaliknya, ada juga yang digilas," paparnya.

Meski sudah menabrak 15 kendaraan, truk belum juga berhenti. Kendaraan baru bisa berhenti setelah tercebur ke sungai.

"Truk baru berhenti setelah masuk sungai dengan kedalaman kurang lebih 20 meter," ujar Evon.

Informasi sementara, empat orang diketahui tewas, delapan orang luka berat dan puluhan luka-luka.

"Kami belum bisa memastikan berapa korbannya. Anggota melakukan pendataan. Yang jelas korban sudah dievakuasi. Ada yang dibawa ke Puskesmas Purwodadi, ada juga yang dibawa ke RS Marsudi Waluyo," ungkapnya.

Hingga berita ini ditulis, Evon menjelaskan, bahwa pihaknya sedang melakukan pemindahan kendaraan. Proses pemindahan sulit karena hujan deras tengah mengguyur lokasi kejadian.

Berita ini telah tayang di Surya, Jumat (13/1/2017), dengan judul: BREAKING NEWS - Rem Truk Blong, 15 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun, Ini Kronologinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com