Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyamar Jadi Petugas, Perampok Bajak Truk Bermuatan Pupuk Senilai Rp 3,8 Miliar

Kompas.com - 05/01/2017, 21:31 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bogor menangkap tiga dari enam pelaku perampokan truk bermuatan bahan baku pupuk pertanian senilai Rp 3,8 miliar di Jalan Raya Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Ketiga pelaku berinisial HP (26), ST (38), dan HS (24).

Kepala Polres Bogor Ajun Komisaris Besar AM Dicky mengatakan, dalam menjalankan aksinya, komplotan ini menyamar sebagai petugas di jalan. Lalu mereka melumpuhkan sopir truk dengan cara diikat dan membuangnya di jalan. Kemudian para pelaku membawa truk beserta muatannya.

"Mereka ini beraksinya pada malam hari, dengan cara membajak truk ekspedisi yang sedang melintas kemudian korbannya dibekap pakai lakban," ucap Dicky, Kamis (5/1/2017).

Dia menyebutkan, usai melancarkan aksi kejahatannya, para pelaku kemudian kabur ke daerah Jawa Tengah dan sebagian barang hasil curiannya telah mereka jual kepada penadah.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit kendaraan truk kontainer bernomor polisi BE 9856 NI, satu buah kacamata, helm, gulungan lakban, dan dua buku rekening.

"Kami juga amankan barang bukti barang-barang hasil penjualan pupuk. Sekarang kita masih dalami kasus ini dan memburu tiga pelaku lainnya yang masih buron," kata Dicky.

Kini, ketiga pelaku tersebut mendekam di sel tahanan Polres Bogor dan dijerat dengan pasal 365 KUHP Tentang Pencurian Kekerasan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com