Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panik akibat Gempa, Seorang Ibu Rumah Tangga Jatuh hingga Tewas

Kompas.com - 30/12/2016, 11:29 WIB
Syarifudin

Penulis

BIMA, KOMPAS.com — Gempa 6,6 skala Richter yang mengguncang wilayah Sumba Barat, NTT, juga dirasakan cukup kuat di wilayah Bima dan sekitarnya.

Gempa yang berada di 9,37 derajat Lintang Selatan (LS) dan 118,63 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 91 km itu menyebabkan warga Bima panik dan berhamburan ke luar rumah. Akibatnya, seorang ibu rumah tangga dikabarkan meninggal dunia. Korban adalah Hajar binti Ridwan, warga RT 08 Kelurahan Manggemaci, Kota Bima.

Kepala BPBD Kota Bima, Syarafuddin, mengatakan, wanita berusia 36 tahun itu meninggal akibat kaget dan panik hingga jatuh terbentur lantai.

"Getaran gempa pagi tadi dirasakan cukup kuat. Warga berhamburan keluar sehingga mengakibatkan satu orang meninggal karena jatuh akibat panik," kata Syarafuddin kepada wartawan di posko utama penanganan banjir kantor Pemkot Bima.

Ia menyebutkan, Stasiun Geofisika Mataram menyebutkan, Jumat (30/12/2016), gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Bali, NTB, dan NTT.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 06.30.19 Wita, episentrum terletak pada koordinat 9,37 LS dan 118,63 BT, pada kedalaman 91 km," tuturnya.

Dampak gempa berupa guncangan lemah hingga dirasakan di daerah Kuta-Bali, Gianyar, Denpasar, Mataram, Bima, Waingapu, Waikabubak, Labuan Bajo, dan Ruteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com