Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unit Penjinak Bom Sterilisasi 156 Gereja di Bandung 

Kompas.com - 24/12/2016, 20:30 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Aparat kepolisian dari Polrestabes Bandung bersama Unit Penjinak Bom (Jibom) Polda Jawa Barat melakukan penyisiran ke seluruh gereja di Kota Bandung yang mengadakan misa malam Natal.

Sterilisasi dilakukan Sabtu (24/12/2016), sejak pagi hari hingga sore sebelum misa digelar.

"Masih aman. 156 gereja sudah disterilisasi oleh Jibom," kata Kepala Polrestabes Bandung Kombes (Pol) Hendro Pandowo, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu sore.

(Baca juga: Jelang Malam Natal, 540 Gereja Disterilisasi )

Unit Jibom mendeteksi barang-barang mencurigakan di dalam gereja dengan menggunakan pendeteksi metal. "Tidak ada barang berbahaya yang ditemukan di dalam gereja," sambung dia.

Hendro memastikan, beberapa gereja sudah menjalankan misa Natal sejak pukul 16.30 WIB. Misa dilanjutkan hingga paling malam pukul 24.00 WIB. 

"Besok pagi kita lakukan sterilisasi lagi bersama Jibom," ujar dia. Hendro menambahkan, prioritas pengamanan adalah 13 gereja besar yang memiliki jemaah lebih dari 1.000 orang.

(Baca juga: Jemaat Misa Natal di Gereja Ambon Meluber hingga ke Halaman)

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap setiap orang yang masuk ke dalam gereja. "Nantinya tiap orang yang masuk ke tempat beribadah ini bakalan diperiksa. Antisipasi saja," kata Hendro.

Kompas TV Jumlah Kendaraan Bertambah, Tol Cikampek Padat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com