Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Sungai Meluap, Dua Desa di Gorontalo Utara Terendam Banjir

Kompas.com - 21/12/2016, 07:47 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Ratusan rumah terendam banjir akibat meluapnya dua sungai di dua desa di Kecamatan Monano, Gorontalo Utara.

Desa yang terendam banjir adalah Tudi dan Polohulata. Air banjir berasal dari Sungai Mongkonou dan Koiyo yang meluap. Sungai tidak dapat menampung debit air yang berasal dari hulu.

“Sebanyak  237 kepala keluarga menjadi korban banjir di kedua desa tersebut. Mereka  terpaksa mengungsikan barang-barang berharganya ke tempat yang lebih aman,” kata Ramli Rahman, staf Balai Wilayah Sungai 2 Sulawesi yang ada di lokasi, Rabu (21/12/2016).

Ramli menambahkan, ketinggian air di dalam rumah warga sempat mencapai 50 sentimeter, namun pagi ini air sudah menyurut. Warga sejak pagi sudah mulai membersihkan rumah dari endapan lumpur dan kotoran lainnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo sejak kemarin mengingatkan adanya potensi hujan sedang hingga lebat di kawasan Gorontalo Utara, terutama daerah Kecamatan Anggrek dan Kwandang.

“Wilayah Gorontalo Utara masih terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang,” kata Fatuhri Syabani, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Gorontalo, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com