Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPRD Kendal Pesimistis Proyek Jalan Tol Semarang-Batang Sesuai Target

Kompas.com - 20/12/2016, 15:25 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Ketua DPRD Kabupaten Kendal Prapto Utono pesimistis pembebasan tanah untuk proyek tol Semarang-Batang di Kendal bisa selesai sesuai target. Hingga kini, pembebasannya baru selesai 24 persen.

Tanah yang harus dibebaskan untuk proyek jalan tol di Kendal sebanyak 3.874 bidang. Sesuai target semula, pembebasan lahan itu harus sudah selesai semua tahun ini.

"Saya juga pesimistis kalau proyek Tol Semarang-Batang yang melintas di Kendal bisa dilalui saat arus mudik Lebaran 2017," ujar Tono, Selasa (20/12/2016).

Prapto meminta kepada panitia pembebasan lahan agar lebih komunikatif kepada masyarakat yang tanahnya terkena proyek jalan tol sehingga tidak terjadi kesalah pahaman. 

"Sejak semula panitia berjalan sendiri. Padahal terdapat masyarakat dan pemerintah daerah,” kata dia.

Terkait dengan hal itu, Sekretaris Tim Pengadaan Tanah Jalan Tol Batang-Semarang Nanang Suwarsana yakin bahwa pembebasan lahan akan selesai akhir tahun ini.

Menurut dia, kendala yang ada di lapangan saat ini hanyalah kelengkapan berkas dari warga, seperti kelengkapan berkas pembebasan.

"Di antaranya surat waris atau akta jual beli yang tidak disertakan warga, sehingga pembayaran ganti rugi menjadi terhambat," kata Nanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com