Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Jalan Tol Bogor-Sukabumi-Bandung Lamban, 9 Kepala Daerah Teken Deklarasi

Kompas.com - 15/12/2016, 15:26 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sembilan Bupati dan Wali Kota menandatangani naskah deklarasi bersama mendorong percepatan pembangunan jalan tol koridor Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung.

Penandatanganan deklarasi bersama yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi ini dilaksanakan dalam kegiatan Sukabumi Summit 2016 di Hotel Horison, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (15/12/2016).

Sembilan kepala daerah itu yakni Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung.

Deklarasi bersama itu juga ditandangani Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Selain itu, lima anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kota/Kabupaten Sukabumi turut mendukung dan menandatangani deklarasi bersama tersebut.

''Saya iri melihat jalan tol Cipali sudah selesai, sedangkan jalan tol Ciawi-Sukabumi belum selesai juga. Padahal saya sering bepergian ke pusat (Jakarta), tapi dalam perjalanan selalu mendapatkan hambatan, macet,'' ungkap Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz.

Menurut Muraz rencana pembangunan jalan tol ruas Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung sudah ada sejak lama. Apalagi, ruas jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sudah direncanakan sejak Orde Baru.

''Untuk ruas tol Bocimi, seksi Ciawi-Lido sudah mulai tahap pembangunan, namun Lido-Sukabumi belum ada titik terang. Demikian juga halnya dengan ruas tol Ciranjang-Padalarang belum ada implementasinya,'' ujar dia.

Makanya, lanjut dia, untuk mendorong percepatan pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi hingga Cianjur dan Bandung digelar Sukabumi Summit 2016. Tujuannya mengajak para kepala daerah, anggota DPR RI, DPRD untuk memberikan dukungan.

''Sukabumi Summit 2016 ini sebagai awal perjuangan bersama untuk mendorong pembangunan jalan tol yang terkatung ini dapat cepat selesai. Inginnya bisa selesai dua tahun, jangan sampai 50 tahun,'' imbuhnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyambut baik kegiatan Sukabumi Summit 2016 dalam rangka mendorong percepatan pembangunan jalan tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung.

''Pembangunan jalan tol di kawasan ini sangat penting untuk menunjang konektivitas wilayah pengembangan ekonomi,'' kata Deddy.

Dalam deklarasi bersama yang ditandatangani para kepala daerah dan anggota DPR RI, di antaranya mereka memohon kepada Pemerintah Pusat untuk segera merealisasikan pembangunan jalan tol koridor Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com