Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjual Kopi Tewas Tertimbun Longsor di Kabupaten Bandung

Kompas.com - 23/11/2016, 17:02 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wiwin (45), seorang penjual kopi, tewas tertimbun longsoran tanah di Kampung Neglasari RT 03 RW 07, Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2016) siang.

Humas Basarnas Jawa Barat Joshua banjarnahor mengatakan, Wiwin tewas saat tengah berjualan kopi di area proyek pembangunan Situ Cianjing, Kertasari. Saat itu, dia sedang melayani pembeli bernama Ayi (47).

"Pukul 11.00 WIB bertempat di lokasi pembuatan situ, saat itu Wiwin sedang berjualan kopi sementara Ayi saat itu sedang minum kopi. Namun tanpa disadari oleh keduanya, tiba-tiba terjadi longsor yang mengakibatkan kedua orang warga tersebut tertimbun," ucap Joshua, Rabu sore.

Tak lama setelah kejadian, para pekerja proyek dibantu warga langsung melakukan pencarian dengan menggunakan alat berat. Ayi berhasil diselamatkan dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Ebah, Majalaya, Kabupaten Bandung, untuk mendapat penanganan medis.

"Pukul 11.45 WIB, kedua korban tertimbun tanah longsor tersebut berhasil diangkat oleh para pekerja dan masyarakat. Korban Wiwin meninggal dunia di lokasi kejadian," ungkapnya.

Joshua menjelaskan, daerah Cibereum, Kertasari, merupakan wilayah yang berada di jalur pergeseran tanah atau zona rawan bencana. Kontur tanah di wilayah itu pun cenderung labil.

"Kejadian longsor tersebut di luar dugaan atau adanya kelalaian dalam pelaksanaan pekerjanya warga sekitar tidak memperhatikan keamanan,keselamatan kerja," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com