Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pekan Tak Ada Dokter, Warga Sungai Mas di Aceh Barat Mengeluh

Kompas.com - 21/11/2016, 19:41 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Warga Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, mengeluh karena dokter yang ditugaskan di Puskesmas di pedalaman Aceh Barat itu tidak kelihatan selama dua pekan terakhir.

“Sudah dua minggu dokter di Puskesmas tidak pernah masuk sehingga warga yang ingin berobat pelayanannya tidak maksimal,” kata Baharuddin Bahari, warga Kecamatan Sungai Mas, Senin (21/11/16).

Menurut Baharuddin, selama dua pekan terakhir ini, warga sangat mengeluh karena saat berobat hanya ditangani oleh tenaga medis perawat. Warga mengaku, pelayanan yang mereka rasakan tidak maksimal.

“Saat warga berobat ke puskesmas selama dua pekan ini, yang tangani perawat sehingga penanganannya terbatas dan mengecewakan,” katanya.

Menurut Baharuddin, tak adanya dokter juga menyebabkan pasien yang membutuhkan rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien di Meulaboh kesulitan.

“Kalau ada pasien yang harus rujuk ke RSUD kesulitan untuk memperoleh surat rujukan dari dokter sehingga pasien harus mengambil surat rujukan dari Puskesmas Kecamatan Meutulang yang jaraknya 30 kilometer dari Sungai Mas,” ujarnya.

Warga berharap, Dinkes Kabupaten Aceh Barat segera menyelesaikan persoalan ini dengan mengirimkan dokter lain ke Puskesmas Sungai Mas sehingga pelayanan kesehatan terhadap warga pedalaman Aceh Barat itu maksimal karena Puskesmas tersebut merupakan satu-satunya fasilitas kesehatan di Sungai Mas.

“Kami harap pemintah dan dinas terkait untuk segera menyelesaikan persoalan yang sangat dikeluhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat dr Zafril Luthfi membenarkan kondisi tersebut. Menurut dia, kedua dokter yang ditugaskan di Puskesmas saat ini sedang mengikuti tes seleksi mengikuti ujian dokter spesialis keluar daerah.

"Betul, saya sudah turun menyampaikan kepada warga di Sungai Mas, pelayanan kesehatan tetap seperti biasa, cuma soal dokter untuk Puskesmas Sungai Mas akan kami perbantukan dari Puskesmas Meutulang," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com