Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Segera Bentuk Tim Saber Pungli

Kompas.com - 21/11/2016, 14:09 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan segera membentuk tim saber pungli yang beranggotakan aparat kepolisian, kejaksaan dan petugas Pemerintah Kota Bandung. Ridwan mengatakan, pembentukan tim ini sebagai respons atas instruksi Presiden untuk memberantas praktik pungutan liar, khususnya di instansi pelayanan publik.

"Kita sedang mempersiapkan membuat tim saber pungli. Dalam satu minggu saya tanda tangani timnya. Untuk memperluas jangkauan pemberantasan pungli yang mungkin masih terjadi di lingkungan pelayanan publik di Kota Bandung," kata Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (21/11/2016).

Selain mengendus praktik pungli, tim tersebut punya kewenangan untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

"Mudah-mudahan tim ini bergerak, bisa membuat kualitas pelayanan bebas pungli. Teknisnya, ada tim dari kepolisian, kejaksaan. Nanti ada informan, ada pengintipan, OTT. Mereka bisa langsung OTT karena di timnya ada kepolisian," ujarnya.

Emil, begitu ia disapa, mengklaim praktik pungli di Pemkot Bandung sudah mulai berkurang seiring dengan penggunaan teknologi informatika dalam pelayanan publik yang mengurangi adanya kontak langsung antara masyarakat dengan petugas.

"Sebetulnya kita sudah ada sistem Lapor, pungli sudah jauh menurun. Perizinan sudah online, kalau saya boleh klaim sudah menurun, tapi kan oknum mah ada saja, tapi bukan budaya lagi. Itulah yang akan tim saber pungli berantas," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com