Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsleting, Rumah Nenek Ngadiyem Ludes Dilalap Api

Kompas.com - 20/11/2016, 10:30 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

WONOGIRI, KOMPAS.com - Rumah kontrakan milik Ngadiyem, warga Joho Lor, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri ludes dilalap api, Minggu ( 20/11/2016) pukul 07.30 WIB. Diduga, api yang membakar rumah nenek ini berasal dari korsleting listrik di salah satu kamar.

"Kata istri saya api berasal dari kamar. Katanya api berasal dari atap lalu jatuh ke kasur. Sontak api membakar dan terus membesar," kata Dedi, pengontrak rumah Ngadiyem kepada Kompas.com, Minggu (20/11/2016).

Saat api membakar rumah yang dikontrakannya, Dedi berada di sawah, sedangkan istrinya, Oneng memasak di dapur.

"Beruntung empat anak saya tadi malam tidur di rumah saudara saya. Jadi alhamdulillah semuanya selamat," kata Dedi.

Menurut dia, begitu api membesar, istrinya langsung keluar dari rumah berteriak minta tolong warga. Warga yang mendengar teriakan Oneng, langsung keluar dari rumah dan membantu memadamkan api.

Warga yang berada di sekitar pun panik khawatir api merambat ke rumah lainnya. Pasalnya, rumah yang terbakar berada ditengah-tengah pemukiman warga yang cukup padat.

Upaya warga memadamkan api dengan peralatan ala kadarnya tak berhasil. Api semakin membesar dan menghanguskan isi rumah kayu itu.

Setengah jam kemudian, satu mobil pemadam kebakaran Pemkab Wonogiri baru tiba di lokasi. Dua mobil pemadam lainnya menyusul lima menit kemudian. Petugas menyemprotkan air agar api tak merambat ke rumah yang berada di samping kiri dan kanannya. Dari pantauan, rumah samping kiri dan kanan terbakar jendela dan sedikit atap.

Sementara Dedi nampak linglung melihat tempatnya ludes terbakar. Pria asal Tasikmalaya itu hanya bisa pasrah setelah api melalap seluruh isi rumahnya. Tak ada satupun pakaian atau barang yang bisa diselamatkan dalam kebakaran itu. Namun ia bersyukur lantaran istri dan anaknya selamat.

Adapun Ngadiyem nampak lemas, setelah mengetahui rumah yang dikontrakan ludes terbakar. Ngadiyem hanya terdiam dan menangis menyaksikan rumahnya habis dilalap api. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com