Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Saingan, Bandar Narkoba Asal Surabaya Ini Sediakan Kredit Sabu

Kompas.com - 15/11/2016, 09:54 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Selalu ada akal untuk menjaring pelanggan sabu, seperti dilakukan Dony (36). Ia memanjakan pelanggannya fasilitas kredit sabu.

Kredit sabu ini diakui Dony untuk menjaring pelanggan baru dan pemain lama. Sabu senilai Rp 2 juta bisa dicicil selama satu sampai dua bulan dan nilai minimalnya tidak ditentukan.

"Menyicilnya sehari, ya semampunya. Misalnya ada uang Rp 5.000 yang enggak apa, pokoknya setiap hari harus bayar," tutur Dony di kantor BNN Kota Surabaya, Senin (14/11/2016).

Usut punya usut, Dony memberikan fasilitas kredit sabu karena uang yang masuk bisa diputar untuk mengulak sabu lebih banyak.

Konsumen dapat membayar cicilan dengan mendatangi rumah kosnya di Jalan Kalibokor.

Tersangka cukup rapi dan tertib administrasi dalam merekap data pengeluaran dan pemasukan uang dan barang. Setiap konsumen yang mengambil sabu dicatat nama, berat, dan cicilan yang disepakati.

Pelanggan yang mengambil sabu kebanyakan menggunakan nama samaran, seperti Asu Pacet, Weng, Uyek, Paman Sam, dan lain sebagainya. Di antara kliennya, paling banyak Weng dan Uyek.

"Ya supaya dagangan laku karena banyak persaingan. Kan enggak mungkin orang rendahan bisa membeli langsung secara tunai. Harganya mahal," beber Dony menjelaskan alasannya memberikan fasilitas kredit sabu.

Dony yang sudah menjadi pengedar selama beberapa tahun ini mengaku semua pelanggannya membayar dan tidak ada yang kabur.

Kepala BNN Kota Surabaya AKBP Suparti mengakui modus yang dilakukan tersangka adalah baru karena selama ini belum ada pengedar mengkreditkan sabunya.

"Rata-rata pembeli membeli secara tunai atau transfer. Ini yang membuat saya heran kok ada pemikiran semacam itu," ujar Suparti.

Mantan Kapolsek Pabean Cantikan ini mengungkapkan tersangka Dony adalah pelaku lama. Ia pernah menghuni Rutan Madiun dalam kasus yang sama.

Tersangka Dony ditangkap BNNK Surabaya di sebuah kamar hotel di kawasan Surabaya Selatan bersama teman perempuannya.

Dari penangkapan Dony ini, petugas BNNK Surabaya akhirnya menangkap tiga tersangka lain yang menjadi anak buah Dony.

Masing-masing tersangka Iwan (36), Mulyono (46), dan Topo Subekti (31). Ketiganya warga Kedondong. Mereka ditangkap saat mengedarkan sabu ke rekan sesama petugas keamanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com