Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik Pesta Sabu, Dua Pemuda di Gresik Ditangkap Polisi

Kompas.com - 12/11/2016, 11:29 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Dua pemuda yang merupakan warga Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, Jawa Timur, diamankan pihak Polsek Cerme usai kedapatan mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.

Kedua pemuda yang diamankan petugas tersebut diketahui bernama Samsul (39) dan Saiful (37).

Mereka diduga melakukan pesta sabu-sabu di rumah kontrakan. Keduanya ditangkap setelah polisi mendapatkan informasi terkait dari masyarakat sekitar.

“Bisa dikatakan pesta karena dari tangan kedua pelaku kami mengamankan cukup banyak barang bukti narkoba jenis sabu. Kejadiannya sendiri berlangsung pada Selasa (8/11/2016) malam WIB, sekitar pukul 20.00 WIB,” ujar Kapolsek Cerme AKP Tatak Sutrisno, Sabtu (12/11/2016).

(Baca juga: Jual Sabu ke Penderita Gangguan Jiwa, Seorang Pengedar Ditangkap)

Dari kedua pelaku, petugas kepolisian berhasil mengamankan barang bukti sabu yang dibungkus dalam sejumlah kantong plastik kecil. 

Adapun berat masing-masing paket adalah sekitar 0,47 gram, 0,52 gram, 0,23 gram, dan seberat 0,35 gram.

“Selain itu, pada saat kami gerebek di rumah kontrakannya kemarin, anggota kami menemukan satu set alat hisap sabu, satu buah korek gas, bungkus rokok, dan delapan bungkus plastik klip kosong yang kami tengarai bakal digunakan untuk tempat sabu,” tutur dia.

Banyaknya barang haram yang berhasil disita ini membuat petugas kepolisian mempunyai dugaan kuat ada sosok lain di balik peredaran narkoba yang digunakan oleh kedua pemuda tersebut. 

“Sementara masih coba kita kembangkan lebih lanjut, karena tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain yang memasok sabu kepada mereka,” ujar Tatak.

Di lain pihak, Polsek Gresik Kota berhasil mengamankan pengedar pil koplo yang menyaru sebagai penjual makanan, yakni Sulistio (21), warga Desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Sulistio sehari-hari menempati rumah kos di Jalan RA Kartini, Kecamatan Kebomas, Gresik.

“Selama ini dalam melancarkan aksinya, Sulistio menyaru sebagai penjual jajanan yang berdagang di sekitar alun-alun Gresik. Ia berhasil kami tangkap juga tidak sengaja, karena saat itu ia sedang terlibat perselisihan dengan pembelinya, dan diketahui anggota yang tengah berpatroli rutin,” ujar Kanit Reskrim Polsek Gresik Kota Iptu Suparmin.

(Baca juga: Bawa Sabu di Dalam Pembalut, Seorang Perempuan Ditangkap di Bandara)

Melihat pertengkaran tersebut, petugas yang tengah berpatroli lantas coba melerainya. Namun, Sulistio terlihat gugup sehingga membuat polisi curiga.

Ketika ia digeledah, ditemukan 105 butir pil koplo yang ada di salah satu saku celananya.

Kompas TV 17.900 Butir Ekstasi Disembunyikan di Lampu LED
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com