Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 TKI Selamat Tiba di Lombok

Kompas.com - 06/11/2016, 22:48 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Sebanyak 22 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipulangkan melalui Bandara Internasional Lombok, Minggu (6/11/2016). Mereka merupakan korban selamat dalam kapal pengangkut TKI yang tenggelam saat menyeberang dari Johor, Malaysia menuju Batam, Rabu lalu.

"Alhamdulillah 22 orang yang kami pulangkan dalam keadaan sehat walafiat dan secara psikis tentu perlu pemulihan," kata Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil NTB, Ahsanul Khalik.

Saat tiba di bandara, mereka disambut oleh sanak keluarganya. Suasana penuh haru menyambut kedatangan para TKI yang selamat itu.

Khalik mengatakan, ada 26 korban selamat asal NTB. Dari jumlah tersebut, 22 orang sudah dipulangkan dan satu orang atas nama Anto asal Kabupaten Lombok Utara (KLU) telah dijemput istrinya dan ikut pulang ke Padang. Sementara 3 orang lainnya yaitu nama M Radiah Adi Akbar asal Lombok Timur, M Halil asal Lombok Tengah, dan Remah asal Lombok Tengah, hingga saat ini masih berada di RS Bhayangkara Polda Kepulauan Riau.

Ketiganya diminta tinggal untuk keperluan identifikasi keluarga mereka yang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal.

Selanjutnya, 22 korban selamat diantarkan ke kampung halamannya masing-masing dengan kendaraan yang sudah disiapkan oleh Dinas Sosial.

"Seluruh biaya pemulangan korban selamat ditanggung oleh pemprov," kata Khalik.

Selain 22 korban selamat, 5 jenazah TKI asal NTB yang tewas dalam kejadian itu telah tiba di Lombok dan langsung dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing, Sabtu kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com