Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perobohan Rangka Gedung Panin Diperkirakan Selesai Siang Nanti

Kompas.com - 15/10/2016, 11:01 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Wahana Infoutama, Yoyok Hari Sucahyo memprediksi perobohan tahap satu Gedung Panin, Sektor 7, Bintaro, Tangerang Selatan akan selesai pada Sabtu (15/10/2016) siang.

Tahap pertama berfokus untuk merobohkan rangka gedung. Setelah rangka gedung roboh, maka masuk tahap dua yakni merobohkan bagian core atau inti bangunan.

"Perkiraan kami kalau speed (kecepatan) standar, bisa enam jam. Diperkirakan rampung hari ini tahap pertama," kata Yoyok di lokasi, Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu.

Kecepatan standar adalah tiga menit untuk menaikkan karung pasir seberat satu ton ke atas gedung. Sementara itu, untuk metode perobohan "overload" ini dibutuhkan 100 ton karung pasir.

Untuk mempercepat perobohan, saat ini pekerja tengah menaikkan kembali karung pasir ke atas Gedung Panin.

Yoyok memaparkan, pada tahap ini tidak akan dirobohkan secara menyeluruh.

"Kalau untuk roboh secara menyeluruh sekitar satu atau dua bulan. Tapi untuk bersih semua, sesuai perjanjian 90 hari sejak penandatanganan kerjasama," katanya.

Kompas TV Gedung Panin di Bintaro Akan Dirobohkan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com