Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 dari 12 Titik Longsor di Majene Sudah Bisa Dilewati

Kompas.com - 12/10/2016, 12:05 WIB
Junaedi

Penulis

MAJENE, KOMPAS.com - Empat dari 12 titik longsor di Kecamatan Ulumanda, Majene, Sulawesi Barat, sudah dibersihkan dan kini sudah bisa dilewati kendaraan roda empat. Sisanya masih dibersihkan oleh pemerintah Kabupaten Majene, Kodim 1401, Polres Majene, dan masyarakat setempat.

Pembersihan material longsor itu terkendala oleh keterbatasan alat berat. Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Tata Ruang Pemukiman dan Kebersihan Majene menggunakan dua unit eskavator dan loader untuk menyingkirkan materi longsor berupa tanah, batu besar, dan kayu.

(Baca juga 12 Titik Longsor di Majene Menyebabkan Warga 6 Desa Terisolasi)

"Kami sementara melakukan upaya untuk membuka jalan yang terisolir, sudah dibuka empat titik. Masih berlanjut upaya pembersihan," kata Bupati Majene Fahmi Massiara saat berkunjung ke lokasi longsor di Lamuliang, Desa Kabiraan, Rabu (12/10/2016).

Satu eskavator milik swasta di Kolehalang, Desa Panggalo, akan dilibatkan untuk membersihkan sisa longsor. Upaya tersebut akan terus berlangsung hingga semua lokasi longsor hingga bisa dilewati kendaraan roda empat.

Lokasi longsor yang belum dibersihkan berada di Ba'ba Sondong di Desa Kabiraan; Rura dan Sambabo di Desa Sambabo, Lombe dan Paku di Desa Tandeallo, Dusun Kolehalang di Desa Panggalo, Dusun Papparandangan di Desa Ulumanda, dan Dusun Urekang di Desa Popenga.

Sebanyak 60 personel TNI dan 15 polisi diterjunkan untuk membersihkan longsor. Dandim 1401 Letkol Inf Rahman, Kapolres Majene AKBP Grendie Teguh, Kepala BPBD Majene Mansur juga datang langsung ke lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com