Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Lintas Barat Sulawesi Lumpuh akibat Longsor di Majene

Kompas.com - 10/10/2016, 06:58 WIB
Junaedi

Penulis

MAJENE, KOMPAS.com - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Minggu 9/10/2016) petang hingga malam, menyebabkan tebing setinggi 70 meter longsor di Desa Sulai, Kecamatan Ulumandan.

Material longsor menutupi seluruh badan jalan sepanjang 30 meter dan menyebabkan arus lalu lintas di jalur lintas barat Sulawesi lumpuh total. Jalur tersebut merupakan akses utama dari Makassar hingga Manado.

Dua unit eskavator dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupatne Majene dikerahkan untuk mengangkut material longsor.

Pembersihan jalan berlangsung selama lebih dari delapan jam karena material longsor tidak hanya berupa lumpur tebal bercampur batu, tetapi kayu-kayu dari pohon tumbang.

Kepala Bagian Operasional Polres Majene Komisaris Polisi Bambang Heryono menyebutkan, personel kepolisian diterjunkan untuk pengamanan di sepanjang jalan dan lokasi longsor.

"Untuk mengurai kemacetan panjang, kita terpaksa memberlakukan buka tutup jalan secara bergantian," kata Bambang.

Ia mengimbau kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati melintasi lokasi tersebut karena longsor susulan berpotensi terjadi karena hujan deras masih terus berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com