Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengakuan Pengunggah Foto Siswa SD Upacara di Tengah Banjir

Kompas.com - 04/10/2016, 06:41 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN,KOMPAS.com – Jahari Po, pemilik akun yang mengunggah siswa Sekolah Dasar di SD 018 Labiong Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara sedang upacara di tengah banjir, mengaku foto yang diunggahnya merupakan hasil jepretan temannya yang mengajar di SD 018. Foto tersebut menjadi viral di media sosial beberapa hari terakhir

Jahari yang mengaku bukan guru di SD tersebut, mendapatkan kiriman foto melalui akun FB temannya guru SD 018.

Dia mengatakan, hanya berniat mengajak pengguna media sosial untuk mengapresiasai kegiatan siswa SD di wilayah perbatasan.

“Kita apresiasi jiwa nasionalisme siswa SD di sana. Dengan semangat mereka melakukan upacara di ditengah banjir,” ujar Jahari Po, Senin malam (3/10/2016).

Mengenai adanya tudingan bahwa upacara tersebut telah di-setting untuk mendapat bantuan dari perusahaan, Jahari Po mempersilakan Kompas.com melihat langsung keberadan SD 018. Yang pasti, sebut dia, ketersediaan infrastruktur pendidikan di wilayah perbatasan masih sangat minim.

Adapun waktu pembuatan foto, Jahari menyebut belum bisa mengkonfirmasi kepada rekannya tersebut karena buruknya jaringan telekomunikasi.

“Yang lebih dari itu masih banyak. Silakan datang langsung kesana. Terkait kebenaran foto itu saya belum bisa menghubungi rekan saya di sana.” kata Jahari.

Jahari sendiri sulit dihubungi, karena buruknya jaringan telekomunikasi di wilayah perbatasan. “Baru ada sinyal ini makanya saya bisa dihubungi,”  ujar warga Sembakung itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com