Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditangkap, Pelaku Penyerangan Polsek Pirime yang Sebabkan 3 Polisi Tewas

Kompas.com - 29/09/2016, 16:31 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Tim Khusus Polda Papua membekuk pelaku penyerangan Polsek Pirime berinisial TT di Kampung Irimuli, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Rabu (29/9/2016).

TT pun dibawa anggota Tim Khusus ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua di Jayapura sekitar pukul 15.30 WIT.

Berdasarkan data dari Polres Puncak Jaya, sebanyak 18 anggota Timsus Polda Papua bersama aparat kepolisian setempat berhasil mengamankan TT di salah seorang rumah warga sekitar pukul 12.00 WIT.

TT adalah salah satu komandan Kelompok Separatis Bersenjata yang memimpin operasi penyerangan Polsek Pirime terjadi pada 27 November 2012. Sebanyak tiga orang tewas dalam insiden ini, yakni Kapolsek Pirime Iptu Rofli Takubesi serta dua anak buahnya, Briptu Daniel Makuker dan Briptu Jefri Rumkorem.

Diperkirakan, jumlah pelaku sebanyak 10 orang. Selain membunuh tiga aparat kepolisian, mereka juga mencuri dua senjata api laras panjang dan 1 pistol (revolver) milik Kapolsek.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan TT di Puncak Jaya.

“Penangkapan TT adalah keberhasilan dari tim gabungan tim khusus dan aparat Polres Puncak Jaya,” kata Paulus.

Dia menambahkan, penyidik akan memeriksa TT secara mendalam untuk mengungkap pelaku lain yang terlibat dalam insiden penyerangan Markas Polsek Pirime dan pembunuhan tiga anggota polisi.

“Anggota kami di lapangan masih terus berupaya mengejar para pelaku lainnya dalam kasus ini,” tambah Paulus.

Total sebanyak tiga pelaku penyerangan yang telah diamankan pihak kepolisian. Dua pelaku selain TT adalah Usimin dan Yogor Telenggen. Sayangnya, kedua pelaku telah melarikan diri dari Lapas Abepura pada 14 Januari 2016 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com