Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Sebulan, Hampir Setengah Juta Kicauan Komplain soal Infrastruktur Jateng

Kompas.com - 28/09/2016, 22:17 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak warga Provinsi Jawa Tengah yang mengeluhkan berbagai masalah infrastruktur yang ada di wilayah tersebut melalui melalui Twitter.

Manager Partnership Twitter Indonesia Teguh Wicaksono mengatakan, dalam sebulan terakhir terdapat 471.000 kicauan terkait keluhan tersebut. 

"Rata-rata lima kata yang banyak muncul, yaitu jateng, desa, jalan, mohon, cc. Masyarakat Jateng menggunakan Twitter sebagai sarana komunikasi," ujar Teguh di Semarang, Rabu (28/9/2016).

Dari jumlah tersebut, 22.000 kicauan dialamatkan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Twitter juga mencatat akun Ganjar dilihat oleh 10,1 juta reviewer setiap bulannya. Sementara dilihat dari partisipasi aktif warganya, ada tiga kabupaten/kota yang aktif melaporkan ke dalam Twitter, yaitu Semarang, Surakarta, dan Kudus.

"Tulisan misalnya, Mohon Pak ini diperbaiki, itu banyak sekali muncul," ucapnya.

Teguh menegaskan,  Twitter di Jateng menjadi alat penghubung antara masyarakat dengan pemimpinnya. Dahulu keluhan kepada pemimpin disampaikan melalui cara konvensional hingga membutuhkan waktu lama.

Untuk percepatan interaksi itu, Twitter memunculkan inovasi berupa sistem yang dinamakan Twitter Kemala. Sistem itu memantau sekaligus menjembatani interaksi masyarakat dengan pemerintahan.

"Inovasi kita Twitter Kemala untuk mempercepat interaksi. Ini managemen trafik di masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com