Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Stres, Seorang Pria Bakar Vihara di Bengkayang

Kompas.com - 14/09/2016, 22:16 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

BENGKAYANG, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Bengkayang mengamankan seorang pria bernama Hendra alias Acoi, yang diduga membakar salah satu ruangan Vihara Budha Maitreya, Jalan Bambang Ismoyo, Kelurahan Bumi Emas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Selasa (13/9/2016).

Kepala Satreskrim Polres Bengkayang AKP Novral Alberti Kombo mengatakan, kebakaran itu diketahui oleh seorang warga yang tinggal di belakang vihara tersebut.

Saksi mendatangi vihara dan memberitahukan kepada orang yang baru selesai melaksanakan sembahyang bahwa di dalam kamar belakang ada asap tebal.

"Warga kemudian menuju kamar sumber asap dan benar di dalam kamar tersebut api menyala yang membakar seluruh barang yang ada di dalam kamar tersebut," ujar Kombo, Rabu (14/9/2016) malam.

Anggota gabungan dari kepolisian dan Koramil setempat pun kemudian mengambil tindakan dengan menyelidiki tempat kejadian.

Pelaku ditangkap setelah polisi mengecek rekaman kamera CCTV yang terpasang di sekitar lokasi vihara tersebut.

"Terlihat jelas jika pelaku yang melakukan pembakaran itu," kata Kombo.

Meski sempat melawan dan menyangkal melakukan pembakaran, pelaku akhirnya dibekuk setelah petugas menunjukkan bukti rekaman CCTV tersebut.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi yang mengenal pelaku, Acoi diduga mengalami kelainan jiwa atau stres. Keluarnya membenarkan bahwa pelaku mengalami gangguan kejiwaan.

"Pelaku kemudian kita bawa ke RSJ Singkawang untuk menjalankan tes kejiwaanya," ujar Kombo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com