Dinanti, Pangkalan Pengisian BBM untuk Kapal Patroli di Nunukan - Kompas.com

Dinanti, Pangkalan Pengisian BBM untuk Kapal Patroli di Nunukan

Kontributor Nunukan, Sukoco
Kompas.com - 13/09/2016, 10:24 WIB
Kontributor Nunukan, Sukoco Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Nunukan Letkol (Laut) Hresang Wisanggeni, berantas ilegal fishing dan perampokan laut di perairan perbatasan TNI AL membutuhkan pengisian BBM dan kapal cepat.

NUNUKAN, KOMPAS.com - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut di Kabupaten Nunukan, Letkol (Laut) Hresang Wisanggeni, berharap ada pangkalan pengisian BBM bagi kapal patroli di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Menurut dia, selama ini, pengisian BBM bagi kapal patroli di perairan kurang efektif karena harus bersandar di Kota Tarakan.

"Kalau ada pangkalan pengisian BBM di sini akan lebih efektif dan hemat waktu, jadi dalam melaksanakan operasi lebih bagus," ujarnya setelah upacara HUT TNI ke-71, Selasa (13/9/2016).

Kebutuhan kapal cepat di wilayah perbatasan, lanjutnya, juga sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi perampokan nelayan di perairan perbatasan.

Pada tahun 2016, TNI AL mencatat 1 kasus perampokan nelayan yang terjadi di perairan Ambalat. Perampok menggunakan speedboat dengan kecepatan tinggi.

"Kami memang butuh kapal kecil dengan kemampuan cepat untuk pengejaran," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi tindak perampokan dan illegal fishing di wilayah perairan Ambalat, TNI AL menggiatkan patroli rutin.

"Operasi di perairan Ambalat rutin dilakukan. KRI-nya selalu bergantian di sana," pungkas Hreasang.

PenulisKontributor Nunukan, Sukoco
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM