Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Tengah Surplus Hewan Kurban

Kompas.com - 05/09/2016, 15:20 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Ketersediaan hewan kurban di Jawa Tengah pada hari raya Idul Adha tahun ini dinilai mencukupi, bahkan surplus.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Propinsi Jawa Tengah, Agus Wariyanto mengatakan, stok ternak baik untuk komoditas sapi, kambing maupun domba di Jawa Tengah saat ini sangat mencukupi untuk kebutuhan Idul Adha.

Prediksi kebutuhan hewan ternak pada bulan September ini untuk komoditas sapi potong mencapai 33.000 ekor, kambing 170.000 ekor dan domba 43.000 ekor. Sedangkan stok yang ada, sapi ada 38.000 ekor, kambing 177.000 ekor dan domba 79.000 ekor.

"Jadi sangat cukup bahkan surplus. Sapi surplus 5.000 ekor, kambing 7.000 ekor dan yang paling banyak adalah domba yang surplus 36.000 ekor," kata Agus usai mengukuhkan Tim pemantauan dan pemeriksaan pemotongan hewan kurban tahun 2016 di kompleks perkantoran Tarubudaya di Ungaran, Senin (5/9/2016).

Khusus untuk domba yang mengalami surplus paling banyak untuk kebutuhan hewan kurban selama Idul Adha tahun ini, lanjutnya, tidak terlepas dari posisi Jawa Tengah yang merupakan daerah dengan populasi domba terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Tercatat hingga saat ini, kata Agus, populasi domba di Jawa Tengah mencapai 2,4 juta ekor. "Jateng surplus dan aman. Semoga sampai pada hari H nya tetap terjaga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com