Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tatie Rahayu, Mantan Atlet Nasional yang Kini Buka Warung "Penyet"

Kompas.com - 16/08/2016, 23:13 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pernah berjasa mengharumkan nama bangsa, bukan lantas hidupnya diperhatikan negara. Tatie Rahayu Indahwati, atlet nasional yang beberapa kali menyumbang emas di arena Sea Games contohnya. Saat ini dia harus berjualan makanan  untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Setiap sore, saya buka warung penyetan di belakang rumah. Macam-macam jenisnya, ada penyet lele, ayam, tempe dan sebagainya," kata Ibu dua anak ini, Selasa (16/8/2016).

Pagi harinya, atlet renang penyumbang emas di Sea Games XI pada 1981 di Manila ini melayani terapi renang untuk ibu-ibu yang memiliki penyakit tulang. 

Cara hidup tersebut dilakoni Tatie sejak 10 tahun terakhir, tepatnya sejak wanita yang juga mahir di olahraga diving ini keluar dari sebuah bank swasta.

"Asalkan halal, apa saja ya dikerjakan," ujar wanita 54 tahun itu. 

Catatan KONI Jawa Timur, selain pernah menyumbang emas di Sea Games XI pada 1981 di Manila, Tatie juga tercatat pernah menyumbang perak di Sea Games XII di Singapura, emas di event Asia Pasific Girl pada 1983, emas di Scuba Diving Putri 100 M di HUT Armada RI pada 1984, serta dua kali menyeberang Selat Madura pada peringatan Hari Olah Raga pada 1986.

Sore tadi, dia menerima bantuan modal usaha dari kelompok BUMN di Jawa Timur yang dikoordinir oleh PT Telkom. Selain bantuan modal, Tatie juga akan menerima pembinaan selama enam bulan kedepan agar usahanya semakin berkembang.

Selain Tatie, juga ada 10 mantan atlet nasional asal Jawa Timur yang diberi bantuan senilai total Rp 100 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com