Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku 22 Tahun Memelihara, Warga Serahkan Buaya Muara Miliknya

Kompas.com - 09/08/2016, 16:13 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar BKSDA Kalimantan Barat mengamankan seekor buaya muara (Crocodylus porosus) setelah seorang warga menyerahkannya dengan sukarela.

Buaya tersebut diperkirakan berusia 23 tahun dan memiliki ukuran tubuh sepanjang kurang lebih 2 meter.

Kepala BKSDA Kalbar Sustyo Iriono mengungkapkan, buaya tersebut sebelumnya dipelihara oleh warga bernama Royi Irvan (34) yang tinggal di Pontianak.

"Berdasarkan keterangan dari pemelihara, buaya itu telah dipelihara selama 22 tahun," ujar Sustyo, Selasa (9/8/2016).

Sustyo menambahkan, buaya tersebut dibawa oleh orangtua Royi dari Kecamatan Kubu sekitar 22 tahun yang lalu. Saat itu, ukuran buaya baru sekitar 30 sentimeter.

"Buaya muara tersebut akan dititip-rawatkan di Lembaga Konservasi Sinka Zoo-Singkawang," ujar Sustyo.

Dia menegaskan, kekayaan alam Indonesia harus dijaga dan upaya pemanfaatan harus dibarengi dengan upaya pelestarian yang sepadan. Upaya tersebut dilakukan melalui perlindungan, penangkaran, dan perbaikan habitat.

"Oleh karena itu, tindakan perdagangan ilegal tumbuhan dan satwa liar dan kepemilikan satwa liar yang dilindungi undang-undang untuk kesenangan harus bisa dihentikan," tegas Sustyo.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang masih memelihara satwa liar dilindungi untuk menyerahkan kepada pihak Balai untuk di evakuasi dan dikembalikan ke habitat aslinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com