Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI, 17.845 Bendera Akan Dikibarkan di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Kompas.com - 09/08/2016, 12:00 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Komando Daerah Militer (Kodam) XII Tanjungpura akan mengibarkan 17.845 bendera di sepanjang wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Barat.

Jumlah tersebut merupakan simbol hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti mengatakan, bendera tersebut akan di pasang di titik yang sudah ditentukan, mulai dari Temajuk di Kabupaten Sambas hingga Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Bendera akan dikibarkan di sepanjang pos mulai dari barat di Temajuk hingga timur di Nanga Badau," ungkap Tri, Selasa (9/8/2016).

Di pos perbatasan yang akan ditentukan, lanjut Tri, akan dilakukan upacara pengibaran dan akan dilakukan tanda tangan oleh beberapa tokoh masyarakat, pemuda, agama, dan tokoh adat setempat untuk berkomitmen bersama serta siap bela negara dan cinta tanah air.

"Rencana juga ada pernyataan bela negara dari para tokoh masyaraka, pemuda, agama, dan tokoh adat yang akan ditandatangani dan diserahkan ke Danrem," kata Tri.

Pengibaran tersebut akan dimulai pada tanggal 13 Agustus hingga puncaknya pada 17 Agustus 2016. Secara teknis, Tri memaparkan jika pemasangan tersebut juga melibatkan pecinta motor trail yang datang dari Pulau Jawa.

Mereka akan bergabung dengan komunitas trail di Kalbar dan akan berkumpul di Temajuk mulai tanggal 12 Agustus 2016.

"Peserta motor trail diperkirakan sebanyak 350 orang ditambah dengan masyarakat setempat. Sedangkan untuk upacara bendera akan di lakukan bersama pihak kodim dan pemerintah setempat atau kecamatan," kata Tri.

Sedangkan untuk personel TNI yang dilibatkan mencapai 600 personel yang bertugas di wilayah perbatasan dan bertiga di setiap pos. Hampir 600 orang di wilayah pengibaran di setiap pos.

"Misi pengibaran ini sebagai peringatan kemerdekaan 17 Agustus serta memupuk kecintaan dan bela negara," pungkas Tri.

(Baca juga: Upacara di Ketinggian 6.726 Kaki Sambil Bersih-bersih Sampah, Mau Ikut?)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com