Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh di Bandung Bisa Pesan Sembako Murah via "Online"

Kompas.com - 03/08/2016, 11:41 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung menyedikan sembako murah yang khusus diperuntukan bagi buruh.

Sembako itu bisa dipesan via online yang nantinya disalurkan melalui koperasi serikat tenaga kerja.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, kebutuhan harian menjadi elemen penting dalam upaya menyejahterakan buruh.

"Buruh itu hidupnya bisa lebih sejahtera karena belanja hariannya tidak usah ke warung yang kadang memberatkan dari sisi biaya. Tapi cukup dengan memesan sembako dengan cara SMS atau online. Sehingga ada delivery, paginya pesan sorenya hadir," tutur Ridwan, di Atrium Metro Indah Mall, Jalan Sukarno-Hatta, Rabu (3/8/2016).

Emil, sapaan akrabnya, menjelaskan, sembako tersebut dibeli Pemkot Bandung langsung dari distributor. Sebab itu, harga sembako untuk buruh dipastikan lebih murah dari harga pasaran.

"Harganya harga grosir. Harga dipastikan jauh lebih murah karena langsung dari distributornya, ujung retailnya. Ini sangat memudahkan dari segi cara dan hemat dari segi biaya. Mudah-mudahan inovasi ini bisa menyejahterakan buruh di Kota Bandung bekerja sama dengan PD Pasar di Kota Bandung," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Kota Bandung Tono Rusdiantono menambahkan, para buruh yang ingin mendapat sembako murah mesti terdaftar di Dinas Tenaga Kerja. Saat ini, kata dia, sudah ada 7.000 pegawai yang telah meregistrasi.

"Untuk menyejahterakan buruh itu tidak hanya menaikan UMK, salah satunya pemkot memudahkan untuk menyediakan sembako. Harganya murah di bawah minimarket. Kita langsung ambil dari grosir. Harapan kita, buruh bisa terselesaikan masalah hidupnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com