Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Material SIM Sudah Ada, Warga Semarang Bisa Mulai Tukarkan SIM Sementara

Kompas.com - 27/07/2016, 19:46 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Semarang mulai hari ini, Rabu (27/7/2016) melayani penukaran surat keterangan SIM sementara dengan kartu SIM yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan sebanyak 2.750 lembar material SIM sudah didrop dari Ditlantas Polda Jateng.

"Kami siap melayani penukaran mulai hari ini," ungkap Baur SIM Polres Semarang, Aiptu Supriyanto.

Kendati material SIM sudah tersedia, namun penukarkan surat keterangan SIM dilakukan secara bertahap. Ha ini diakukan karena keterbatasan sumberdaya maupun sarana dan prasarana yang ada di Satpas SIM Polres Semarang.

"Pendistribusian masih kami batasi bagi pemohon tanggal 15 Juni hingga tanggal 23 Juli 2016," katanya.

Adapun terkait prosedur penukaran kartu SIM, Supriyanto menambahkan, pemohon cukup menukar resi atau surat pengganti sementara SIM yang diterima.

Sebelumnya diberitakan, Polres Semarang sempat kehabisan stok material SIM, hingga minus 2.565 lembar. Kondisi demikian telah berlangsung sejak akhir Juni 2016 lalu.

Kasubdit SIM Ditlantas Polda Jateng, AKBP Soni Irawan mengatakan pihaknya sudah menerima stok material SIM dari pusat, Senin (25/7/2016). Jumlahnya kurang lebih 17.000 material.

Pendistribusian material SIM akan diprioritaskan bagi Satpas yang memiliki angka minus stok SIM banyak. Antara lain, wilayah Kota Semarang, Pati, Banyumas dan Cilacap. Pihaknya berharap stok material SIM di sejumlah Satpas Jawa Tengah dapat berangsur normal awal Agustus 2016 nanti.

"Kami imbau masyarakat apabila masa berlaku hampir habis, segeralah memperpanjang," kata Soni.  (baca: Material SIM Habis, Warga Semarang Dapat SIM Sementara dari Kertas )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com