Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen UN Habitat: Surabaya Cukup Menginspirasi Kota-kota di Dunia

Kompas.com - 25/07/2016, 15:16 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekretaris Jendral (Sekjen) UN Habitat Joan Clos memuji Surabaya sebagai lokasi Pra Konferensi Pemukiman dan Perkotaan PBB atau Preparatory Committee (PrepCom) III UN Habitat. Kata dia, Surabaya adalah inspirasi kota-kota di dunia. 

"Saya sudah lama memantau perkembangan Surabaya, dan kota ini cukup menginspirasi kota-kota di dunia," katanya, usai seremonial pembukaan Prepcom III UN Habitat di Grand City Surabaya, Senin (25/7/2016).

Surabaya menurutnya berhasil dalam melakukan pembangunan perkotaan di tengah derasnya urbanisasi warga desa ke kota. "Karena itu kami sangat antusias saat Surabaya ditawarkan sebagai tuan rumah Prepcom III UIN Habitat," tambahnya. 

Dia mengaku senang berada di Surabaya, karena semua lapisan masyarakatnya menyambut hangat, dari pelajar hingga pegawai hotel. "Banyak kata-kata indah yang bisa disampaikan untuk Surabaya. Surabaya menyambut kami dengan baik," ujarnya.

Penyelenggaraan Prepcom III UN Habitat di Surabaya menurutnya cukup sukses karena dihadiri 3.500 peserta delegasi yang terdaftar, dengan keterwakilan negara PBB mencapai 116. 

Forum Prepcom UN Habitat III adalah rangkaian persiapan konferensi dunia tentang pembangunan permukiman dan perkotaan berkelanjutan oleh PBB, yang akan digelar di Ekuador pada 17 Oktober 2016 mendatang.

Prepcom I digelar di  New York pada 17-18 September 2014, Prepcom II pada 14-16 April 2015 di Nairobi, Kenya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com