Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tambahan Angkut 600 Penumpang yang Memaksa Berangkat ke Mamuju

Kompas.com - 05/07/2016, 10:00 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Dua kapal feri, KMP Madani dan Citra Mandala Abadi, digerakkan untuk mengangkut calon penumpang tujuan Mamuju, Sulawesi Barat, yang membeludak di pelabuhan jetty di Kampung Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Langkah ini diambil setelah lebih dari 600 calon penumpang memaksa ikut KMP Satria Pratama yang dijadwalkan berlayar pada Senin (4/7/2016) malam.

"Kita mengantisipasi gejolak sosial," kata Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Selasa (5/7/2016).

Lebih dari 800 orang, belasan kendaraan roda empat dan truk, dan puluhan sepeda motor tertahan di pelabuhan jetty Kampung Baru maupun dalam KMP Satria Pratama sejak Senin (4/7/2016) siang.

Kapal tertahan karena Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) belum juga menerbitkan surat perintah berlayar. KSOP beralasan jumlah penumpang melebihi kapasitas angkut kapal.

KMP Satria Pratama merupakan kapal feri dengan kapasitas muat 260 orang, baik penumpang maupun awak kapal. Itu belum termasuk kendaraan yang ikut diangkut di dalamnya.

"Komitmen negara menerapkan keselamatan adalah yang utama," kata Kepala KSOP Cabang Balikpapan Henry Tondang.

Calon penumpang tujuan Mamuju telah menumpuk di Pelabuhan Kampung Baru sejak minggu lalu. Mereka merasa dijanjikan akan tetap bisa berangkat meski tidak juga mendapat tiket sampai Senin.

Penumpang makin lama makin banyak. Mereka ada yang telah menunggu sejak minggu lalu di depan loket demi mendapat tiket. Namun, loket hanya menyediakan 238 tiket dan itu pun dijual terbatas tiap harinya.

Calon penumpang kesal dan memaksa masuk ketika Satria Pratama bersandar pada Senin siang. Mereka memenuhi ruang tunggu penumpang hingga ruang muat kendaraan.

Pemerintah Kota Balikpapan turun tangan. Rahmad Mas'ud dan Kepala Polres Balikpapan Ajun Komisaris Besar Polisi Jeffri Dian Juniarta memfasilitasi jalan keluar bagi keberangkatan ratusan orang itu.

Pertemuan maraton lebih dari enam jam antara KSOP, pemerintah kota, kepolisian, hingga awak kapal akhirnya menyepakati penambahan dua kapal feri.

Kapal ASDP, KMP Madani, dengan kapasitas 400 penumpang dan KMP Citra Mandala Abadi, kapal penyeberangan tiba dari Mamuju dengan kapasitas 158 penumpang. 

"Pemerintah kota ikut membantu subsidi operasional kali ini," kata Henry.

Resah

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com