Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditawarkan di Facebook, Buaya Muara Sepanjang 2 Meter Diamankan

Kompas.com - 04/07/2016, 16:28 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Seekor buaya muara sepanjang lebih dari dua meter dibawa petugas Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Bekantan-BKSDA Kalbar, Senin (4/7/2016) setelah sempat ditawarkan di media sosial.

Buaya berjenis kelamin betina tersebut merupakan penyerahan dari warga bernama Noviansyah (30), warga Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

Kepala BKSDA Kalbar Sustyo Iriono mengungkapkan, berdasarkan pengakuan pemiliknya, buaya tersebut ditemukan di lokasi bongkaran pasir yang berada di Jalan Adisucipto, Sabtu (2/7/2016).

"Buaya itu kemudian ditangkap karena dikhawatirkan bisa mengganggu atau membahayakan warga sekitar," ujar Sustyo, Senin (4/7/2016).

Warga yang menangkap buaya tersebut kemudian mengunggah foto buaya tersebut di jejaring media sosial dengan tujuan hendak dijual.

"Menindaklanjuti postingan tersebut, tim SPORC kemudian bergerak cepat dan berusaha mengevakuasi buaya tersebut," ucap Sustyo.

Saat ini, buaya tersebut dibawa ke Lembaga Konservasi Sinka Zoo Singkawang untuk dititipkan.

Sustyo menegaskan, kekayaan alam Indonesia harus dijaga dan upaya pemanfaatan harus dibarengi dengan upaya pelestarian yang sepadan. Upaya tersebut dilakukan melalui perlindungan, penangkaran, dan perbaikan habitat.

"Oleh karena itu, tindakan perdagangan ilegal tumbuhan dan satwa liar dan kepemilikan satwa liar yang dilindungi undang-undang untuk kesenangan harus bisa dihentikan" ujar Sustyo.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang masih memelihara satwa liar dilindungi untuk menyerahkan kepada pihak Balai untuk di evakuasi dan dikembalikan ke habitat aslinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com