Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tak Kunjung Diberangkatkan, Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Kolaka

Kompas.com - 03/07/2016, 20:16 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Penundaan keberangkatan sejumlah kapal feri roll on-roll off (roro) di Pelabuhan Kolaka, Sulawesi Tenggara, memicu antrean panjang kendaraan roda empat dan dua. Ribuan calon penumpang terpaksa menunggu jadwal keberangkatan kapal feri.

Para penumpang dan kendaraan tersebut hendak diberangkatkan dari Pelabuhan Kolaka menuju Pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan. Penumpukan kendaraan dan penumpang itu terjadi sejak beberapa hari terakhir.

"Tidak mungkin kami berangkatkan kapal itu kalau lebih muatan. Jadi bukan kami tidak memberangkatkan, tetapi kami tunda dulu keberangkatannya sambil tunggu kapal lain yang bertolak dari Pelabuhan Bajoe menuju Pelabuhan Kolaka," kata Kepala Syabandar Kolaka Junaidi, Minggu (3/7/2016).

Junaidi mengatakan, pengelola pelabuhan seharusnya menambah kapal sebab lonjakan pemudik jalur laut tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ia mengatakan, sebagian penumpang diturunkan dari kapal yang siap berangkat, tetapi melebihi kapasitas. Penumpang dianjurkan untuk pindah ke jadwal keberangkatan berikutnya.

"Kalau tidak mau pindah, otomatis tidak akan kami kasih izin untuk berlayar," kata dia.

Para calon penumpang mengeluhkan keterlambatan keberangkatan kapal tersebut. Mereka meminta agar PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry segera mengatasi hal ini.

"ASDP harus segera cari solusi terkait masalah ini," kata Hasmir, penumpang yang hendak menuju Bajoe.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada penjelasan resmi dari PT ASDP. Kepala ASDP Cabang Kolaka Mursalim belum dapat dikonfirmasi terkait hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com