Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3, Jalur Pantura di Semarang Dilanda Banjir

Kompas.com - 03/07/2016, 13:10 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Hujan deras yang mengguyur sejumlah tempat di Kota Semarang Sabtu (2/7) malam membuat beberapa titik dilanda banjir.

Beberapa jalur utama yang biasa dilalui pemudik tergenang air dengan ketinggian hingga 50 meter. Jalan utama di Pantai Utara Kaligawe juga tidak luput terkena limpasan air bah itu, selain terbiasa terkena rob.

Selain di Kaligawe, genangan juga terjadi di sejumlah jalan dan pemukiman warga di Kelurahan Sawah Besar. Genangan terjadi akibat Sungai Banjir Kanal Timur meluap tak mampu menahan air. Akibat luapan itu beberapa daerah mengalami banjir, seperti Kaligawe, Tlogosari dan Bugangan.

"Warga pagi ini bergotong royong membersihkan rumah, tidak ada warga yang mengungsi,” ujar Maulana Affandi, anggota Basarnas Semarang, saat dikonfirmasi, Minggu (7/3/2016).

Selain banjir, hujan juga mengakibatkan longsor di Jalan Tusam Timur Semarang. Longsor yang terjadi pada pukul 02.40 WIB itu mengenai tiga ruko. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata Maulana.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendengar kabar banjir juga langsung meninjau lokasi. Ia pun melihat kondisi banjir di titik jembatan Banjir Kanal Timur Semarang.

“Pasca hujan semalam langsung meluncur ke Kaligawe. Ternyata banjir lagi. Tim segera diterjunkan,” kata dia dalam akun instragamnya @ganjar_pranowo.

Di sela pantauan itu, Ganjar menemukan bahwa genangan sungai Banjir Kanal Timur juga membawa sampah beragam jenis.

“Ternyata di sungai bukan hanya sampah, bahkan bambu, tikar sampai kasur. Mungkin ada kerajaan di bawah sungai. Ayo sedulur, ditingkatkan lagi ya kesadarannya. Untuk kita juga lho,” kata dia.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga telah menginstruksikan sejumlah pasukan tata air untuk bergerak sejak hari tadi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com