Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isap Ganja, 5 Petugas Bandara Ditangkap

Kompas.com - 29/06/2016, 15:01 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS — Lima petugas keamanan Bandara Cut Nyak Dhien, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, ditangkap polisi saat mengisap ganja. Mereka ditangkap di salah satu ruangan VIP.

Kepala Kepolisian Resor Nagan Raya Ajun Komisaris Besar Mirwazi, saat dihubungi dari Banda Aceh, Selasa (28/6), membenarkan bahwa petugas bandara ditangkap pada Minggu (26/6) tengah malam karena mengonsumsi narkoba.

"Saat ditangkap, mereka tengah mengisap ganja, tetapi mereka tetap mengelak. Setelah dites urine, mereka positif pemakai narkoba," kata Mirwazi.

Lima petugas bandara yang ditangkap, yakni MR (30), HA (42), IY (25), HF (28), dan YS (27). Mereka adalah warga Nagan Raya. Saat ini, mereka ditahan di Polres Nagan Raya. Polisi mengembangkan kasus ini untuk menangkap pengedar narkoba yang menjadi pemasok ganja ke bandara.

Dari hasil pengembangan kasus itu, polisi menangkap tiga pengedar yang memasok ganja ke bandara. Ketiga pengedar itu, yakni SS (50), ZA (44), dan AS (39). Mereka juga warga Nagan Raya dan ditangkap Selasa dini hari di rumah masing-masing.

Mirwazi menyatakan, penangkapan petugas bandara yang mengonsumsi narkoba berawal dari informasi masyarakat sekitar bandara. "Warga ikut mengawasi lingkungan mereka dari penyalahgunaan narkoba," ujar Mirwazi.

Menurut dia, bandara kerap menjadi pintu masuk peredaran narkoba. Oleh sebab itu, petugas bandara harus meningkatkan pengawasan agar narkoba tidak lolos. Namun, dengan ditangkapnya petugas bandara saat mengonsumsi narkoba, menunjukkan pengawasan masih lemah. "Bagaimana mereka mau mengawasi jika mereka sendiri pemakai narkoba," ucap Mirwazi.

Selain itu, kinerja petugas bandara yang mengonsumsi narkoba dikhawatirkan tidak akan maksimal. Akibatnya, pelayanan terhadap penumpang menurun. "Pelayanan di bandara menyangkut dengan nyawa penumpang. Kami akan berkoordinasi dengan pihak otoritas bandara agar meningkatkan pengawasan," kata Mirwazi.

Kepala Bandara Cut Nyak Dhien Juli Mujiono, ketika dihubungi dari Banda Aceh, membenarkan ada petugas bandara yang ditangkap karena menggunakan narkoba. Namun, Juli membantah pengawasan di bandara lemah.

"Mereka menggunakan narkoba pada malam hari sehingga tidak terkontrol," kata Juli.

Juli menyerahkan proses hukum kepada polisi. Ia berjanji akan meningkatkan pengawasan internal agar kasus serupa tidak terulang. (AIN)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 29 Juni 2016, di halaman 22 dengan judul "Isap Ganja, 5 Petugas Bandara Ditangkap".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com