Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Janjikan Kota Bandung Punya Rumah Sakit Istimewa

Kompas.com - 24/06/2016, 21:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung berencana membangun rumah sakit baru.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan, dana sekitar Rp 2 triliun telah disiapkan untuk membangun rumah sakit bertaraf internasional.

"RSUD ini memang sedang kita siapkan bangunan baru nilainya Rp 2 triliun," jelas Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di RSUD Ujungberung, Jumat (24/6/2016).

Pembangunan rumah sakit baru diharapkan mampu memberikan kualitas layanan seperti rumah sakit swasta.

"Sehingga suatu hari kita mempunyai RSUD yang mendekati 1.000 kamar yang kualitasnya gak ada bedanya dengan swasta," katanya.

Saat ini, Pemkot Bandung tengah mencari lahan yang cocok untuk pembangunan rumah sakit baru. Pengerjaan konstruksi ditargetkan bisa dimulai tahun depan.

"Sekarang tahun ini sedang pembebasan lahan di dua lokasi, sedang dicari yang terbaik. Setelah itu, mulai tahun depan kita bangun. Pembangunannya pasti ke atas, kalau lahannya mah enggak ada masalah," jelasnya.

Emil tak menyangkal bahwa saat ini kondisi fisik bangunan RSUD di Bandung kurang memadai. Namun, menurut dia, dari segi peralatan medis RSUD di Bandung tak kalah dengan rumah sakit swasta.

"RSUD yang sekarang juga peralatannya sudah mulai canggih, seperti peralatan untuk bayi, ICU saya lihat, saya bandingkan dengan swasta sudah sama. Hanya memang kondisi fisik, sirkulasi, ruang umumnya masih belum maksimal. Tapi saya kira yang penting mah higienis dan bersih," paparnya.

"Nanti di RSUD baru, baru kita buktikan bahwa Bandung akan punya rumah sakit yang istimewa," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com