Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Sapi Mahal, Makanan Ini Laris Manis Selama Ramadhan

Kompas.com - 22/06/2016, 13:04 WIB
Ari Widodo

Penulis

DEMAK,KOMPAS.com - Sudah hari ke-17 selama Ramadhan ini, para pedagang tempe di Pasar Bintoro dan Buyaran, Demak, Jateng, mendapat berkah. Sebelum jam 12 siang dagangan mereka sudah habis, laris diborong pembeli.

Anis (42) pedagang tempe asal Pasar Bintoro, mengatakan, bulan puasa ini adalah berkah baginya sebab setiap hari lauk berbahan baku kedelai tersebut menjadi favorit para konsumen.

“Alhamdulillaah Mas, dagangan habis jadi bisa pulang lebih cepat, di rumah bisa lebih banyak waktu buat ibadah. Sejak daging sapi dan ayam harganya mahal, dagangan saya selalu habis,” kata dia, Rabu (22/6/2016).

Sementara itu pedagang Pasar Buyaran, Sri Mulyati (50) mengaku selama bulan Ramadhan ini dagangan dia selalu tandas diborong sebelum siang hari.

“Saya membawa 100 biji tempe, selama puasa habis terus mas. Mungkin selama puasa ibu-ibu banyak yang masak tempe,karena daging sapi, ayam dan ikan lauk harganya naik,”kata Sri.

Senada dengan para penjual tempe, Pujiastutik (45) dan Sumarti (32), pembeli asal Desa Karangmlati, Kecamatan Demak Kota, mengatakan bahwa selama puasa ini mereka memang hampir setiap hari membeli tempe untuk dibuat berbagai makanan olahan, apalagi baik daging sapi, ayam maupun ikan lauk harganya mahal.

“Keluarga saya memang gemar makan tempe, selain sehat juga murah meriah, bisa dibikin macam macam masakan,” ujar Pujiastutik.

Menyambung ucapan Pujiastutik, Sumarti juga menyatakan alasannya selalu membeli tempe selama bulan puasa ini karena harus pandai-pandai berhemat.

“Lha gimana, mau beli daging ayam atau sapi kan mahal, dapatnya sedikit padahal keluarga saya banyak,” ungkap Sumarti.

Hasil pantauan di Pasar Bintoro dan Buyaran Demak, harga tempe bervariasi mulai dari Rp 1.000- Rp 4.000 per potong, tergantung ukuran tempe.

Harga tersebut tentunya terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah. Jika dibandingkan dengan harga daging ayam yang berkisar Rp 33.000 per kilogram dan daging sapi yang dipatok Rp 95.000 per kilogram maka harga tempe sangat jauh lebih murah.

Selama ramadhan ini tempe pun menjadi lauk favorit keluarga di Demak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com