Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disidak, Makanan di Pesta Kesenian Bali Ada yang Mengandung Zat Berbahaya

Kompas.com - 15/06/2016, 18:28 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Balai Besar POM Depansar mengelar inspeksi mendadak (sidak) makanan di arena Pesta Kesenian Bali di Taman Budaya untuk diuji sampel untuk memastikan terbebas dari zat berbahaya atau tidak. Petugas BB POM Denpasar menyasar stan kuliner dan membeli beberapa makanan untuk diuji di mobil lab yang dibawa.

Sampel tersebut diambil dari 11 dagang di stan kuliner dengan jumlah 32 macam sampel.

"Ternyata ada yang positif atau mengandung zat berbahaya, yaitu dua kerupuk beras, mengandung boraks. Yang lain yaitu sate lilit dan sate tusuk dari ikan mengandung formalin," kata Kepala Balai Besar POM Denpasar, Endang Widowati, Denpasar, Rabu (15/6/2016).

Sidak ke arena Pesta Kesenian Bali ini, menurut dia,  merupakan permintaan dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

"Kami melakukan pembinaan bagi semua pedagang. Jika dagangannya sudah diuji mengandung zat berbahaya, tidak boleh dijual lagi. Sidak ini juga atas permintaan bapak gubernur, hasilnya juga akan kami sampaikan," ujar dia.

"Makanan yang mengandung zat berbahaya bukan kita sita tapi kita beli semua agar tidak dijual seperti kerupuk beras. Untuk sate lilit dan sate tusuk yang Mengandung formalin, petugas akan kordinasi dulu dengan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com