Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Asal Swiss yang Hilang di Semeru Belum Ditemukan

Kompas.com - 10/06/2016, 13:03 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Seorang survivor atau pendaki asing asal Swiss, Lionel Du Creaux (26) yang dinyatakan hilang di Gunung Semeru, Jawa Timur sejak pekan lalu, hingga kini belum ditemukan. Sejumlah petugas masih terus melakukan pencarian.

Lionel memulai pendakian pada Jumat (3/6/2016) bersama satu orang rekannya, Alice Guignard yang merupakan warga negara Prancis dari pos Ranu Pani. Namun, keduanya mendaki dengan cara ilegal alias tanpa izin ke pos pendakian.

Saat menuju puncak Mahameru, keduanya berpisah. Lionel melanjutkan perjalanan. Sementara Alice memilih kembali.

Alice yang sempat tersesat selama dua hari dua malam ditemukan oleh Heri Sumantri, salah satu tim Haspala Malang yang sedang mengantar pendaki pada Senin (6/6/2016) sekitar pukul 22.00 WIB. Sedangkan Lionel hingga saat ini belum ditemukan keberadaannya.

"Pagi tagi teman-teman menginformasikan memang ada tanda-tanda. Tapi sampai saat ini belum ada informasi lagi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Hendro Wahyono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/6/2016).

Hendro mengatakan, berdasarkan tanda - tanda yang ditemukan oleh petugas di lapangan, pendaki asing itu diperkirakan menuju arah Pawon Songo. "Arahnya ke Pawon Songo. Artinya pendaki ini nyebrang gunung," katanya.

Sejumlah tim yang ikut melakukan pencarian sejak ada laporan hilang. Di antaranya dari BPBD Lumajang, Basarnas Jawa Timur, Basarnas Pos Jember, dan sejumlah tim relawan lainnya. Mereka melakukan pencarian dengan cara berkelompok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com