Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Padang Merusak Ratusan Rumah di Bengkulu

Kompas.com - 02/06/2016, 16:42 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 6,5 yang mengguncang Padang, Sumatera Barat, mengakibatkan ratusan rumah warga di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, rusak.

Supervisor Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Mukomuko, Hitatun Arazak, menjelaskan, kerusakan rumah dan fasilitas umum terjadi di beberapa desa di Mukomuko.

Rumah yang mengalami rusak berat, sedang dan ringan di antaranya di Desa Talang Luas, Talang Sakti, Lubuk Pinang, Talang Petai, dan Talang Sepakat.  

"Rumah penduduk mengalami retak dan atap serta dinding ambruk," ungkap Hitatun.

Warga yang rumahnya rusak parah terpaksa diungsikan ke tenda-tenda yang telah disediakan. Belum ada data pasti soal jumlah kerusakan rumah, namun diperkirakan sekitar ratusan.

Petugas hingga kini masih melakukan pendataan di lapangan. Tidak saja rumah penduduk, fasilitas umum seperti rumah sakit dan masjid juga mengalami rusak di beberapa bagian.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman, menjelaskan, gempa di Sumatera Barat terasa getarannya di tujuh kabupaten dan kota Bengkulu.

Kabupaten dan kota yang terasa gempa tersebut adalah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Kepahiang, Lebong, Rejang Lebong, Seluma dan Kota Bengkulu.

“Mukomuko paling kuat getarannya,” katanya.

Seperti diketahui, gempa di Sumatera Barat terjadi sekitar pukul 05.56 WIB pada Kamis, 2 Juni 2016. Gempa berlokasi di kedalaman 79 km dari barat daya pesisir selatan Sumatera Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com