Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Kalau Cocok, Kita Jualan di Thailand

Kompas.com - 18/05/2016, 22:46 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sukses meyakinkan puluhan pengusaha asal Thailand untuk bekerja sama memasarkan produk lokal di Negeri Gajah Putih. Kemarin, sekitar 20 pengusaha asal Thailand menyambangi rumah dinas Ridwan Kamil di Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, untuk menjalin kesepakatan.

"Makanya tim Kadin (pengusaha Thailand) ini datang bersama 20 pengusaha dan kemarin ada bisnis matching. Bisnis matching itu produk Bandung dibawa contohnya oleh si pengusaha Bandung terus ditawarkan satu-satu ke mereka. Kalau cocok, kita jualan di Thailand," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Rabu (18/5/2016).

Dalam pertemuan tersebut, Pemkot Bandung dan pengusaha Thailand sepakat merancang untuk membentuk Bandung Bangkok Bisnis Club (B3C) sebagai wadah bagi pengusaha Thailand dan Bandung.

"Di situlah nanti setengahnya anggota orang Thailand dan setengahnya orang Bandung. Dalam waktu empat minggu, organisasi itu akan dibentuk," tutur Emil.

Dia menjelaskan, kedatangan para pengusaha Thailand merupakan respons atas kunjungannya beberapa waktu lalu.

"Di Bangkok dulu saya meyakinkan mereka, saya presentasi pakai Power Point tentang peluang untuk berpartner bersama. Saya selalu menekankan tetang mutual respect," kata dia.

"Saya enggak mau Bandung Indonesia hanya jadi pasar program. Saya hanya mau bekerja sama kalau Thailand pun membukakan dan membantu pengusaha Bandung," lanjutnya.

Sebagai tindak lanjut kerja sama itu, Emil berencana membawa sejumlah pengusaha Bandung untuk mematangkan konsep kerja.

"Bulan Juli akan bawa rombongan pengusaha Bandung ke Thailand. Jadi dalam waktu empat minggu lahir B3C, dalam dua bulan kirim pasukan pameran di sana," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com