Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibatalkan, Gelar Juara yang Diraih Peter Pouly dalam Banyuwangi Tour de Ijen 2016

Kompas.com - 14/05/2016, 23:13 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Commissaire International Banyuwangi Tour de Ijen (ITdBI) 2016 mengambil keputusan mengejutkan Sabtu malam (14/5/2016).

Mereka memutuskan mencabut dan membatalkan gelar juara ITdBI 2016 yang awalnya jatuh pada Peter Pouly dan memberikannya kepada pebalap di peringkat kedua general classification Jai Crawford.

Keputusan tersebut diambil setelah adanya laporan dari tim Kinan Cycling Team (Jepang). Setelah commissaire melakukan panel mereka memutuskan pebalap asal Prancis itu telah melanggar artikel 1.3.019 dalam regulasi federasi balap sepeda dunia (Union Cycliste Internationale (UCI).

Dalam artikel tersebut, sepeda para pebalap tidak boleh lebih ringan dari berat minimum 6,8 kilogram sedangkan sepeda yang digunakan oleh Peter Pouly pada etape terakhir kurang dari 6 kg.

Diskualifikasi tersebut diumumkan oleh chief commissaire Majid Nasseri bersama dua commissaire lainnya, Kikuchi Tsunenori dan Martin Bruin, beberapa jam usai etape empat berakhir di Paltuding, Ijen.

"Balap sepeda adalah ajang olahraga yang mengandalkan sepeda sebagai alat utamanya dan regulasi yang mengikatnya sangat ketat. Aturan di dalamnya tidak boleh dilanggar sedikitpun dan.pelanggaran yang telah dilakukan masuk dalam kategori serius," jelas Nasseri saat mengelar rilis di Hotel Blambangan, Banyuwangi Sabtu malam (14/5/2016).

Bukan hanya Pouly, satu tim juga terkena diskualifikasi sebagi konsekwensi pelanggaran yang telah dilakukan. Namun, Nasseri menegaskan bahwa pelanggaran tersebut hanya terjadi di etape terakhir dan di tiga etape sebelumnya, Pouly dan rekan-rekannya masih memenuhi regulasi balapan.

Sebelumnya, sesaat setelah dia menerima hadiah di Paltuding Ijen, Pouly mengakui bahwa dia sempat mengganti sepeda karena diingatkan oleh Jesse Featonboy dari Team Swiss Wellness yang melihat ada retakan di frame sepeda Pouly.

Dia lantas memutuskan berganti sepeda dan menggunakan sepeda cadangan.

"Jika tidak ganti sepeda, saya mungkin akan terlibat dalam kecelakaan yang parah," katanya.

Alasan yang dijelaskan Pouly tersebut tidak bisa diterima commissaire. Menurut Nasseri, sepeda cadangan harus tetap memenuhi regulasi UCI.

"Pebalap yang bersangkutan sempat meminta maaf dan kami menghargainya," katanya.

Sementara itu Martin Bruin, commissaire lainnya, menjelaskan pembatalan juara tersebut tidak ada hubungannya dengan penyelenggara event. Menurut dia, ini adalah keteledoran pebalap.

"Pebalap yang harus memastikan bahwa mereka memenuhi regulasi yang ditetapkan," katanya.

Setelah pencabutan tersebut secara otomatis Jai Crawford dari Kinan Cycling Team yang awalnya juara dua, menjadi juara Baru ITdBI 2016 dengan catatan waktu 3 jam, 53 menit dan 2 detik.

Sedangkan Bambang Suryadi dari Black Inc Cycling Team naik dari rangking tiga menjadi rangking dua dengan 3 jam, 55 menit dan 3 detik. (Baca: Peter Pouly Juarai International Tour de Banyuwangi Ijen 2016)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com