Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Tak Ada Peluang untuk Saling Mencontek

Kompas.com - 10/05/2016, 10:57 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil turut memantau pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP di beberapa sekolah di Kota Bandung.

Pria yang kerap disapa Emil ini mengatakan, secara keseluruhan, pelaksanaan ujian nasional di Kota Bandung relatif lancar tanpa kendala.

"Ujian berlangsung lancar. Cuma ada beberapa yang sakit, tapi nanti ada ujian susulan. Satu kelas 20 orang dan memiliki soal berbeda satu sama lain, jadi tidak memiliki peluang untuk saling mencontek," kata Emil di SMP 31 Bandung, Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Selasa (10/5/2016).

Dia memastikan, tak ada kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP di Bandung. Emil juga meminta para guru turut menjaga integritasnya tanpa ada upaya meluluskan siswa secara ilegal.

"Harapannya semua lulus dengan baik, tidak ada kecurangan. Karena apa gunanya kita mendidik generasi muda kalau kita juga tidak melakukan hal yang positif. Kita juga memastikan guru atau kepala sekolah yang berlaku curang. Intinya Bandung ingin apa adanya, itulah indikatornya," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emil itu pun bakal berkoordinasi dengan kepolisian jika terdapat temuan aksi curang dalam pelaksanaan ujian nasional, seperti adanya bocoran soal ujian dari pengelola bimbingan belajar.

"Kami juga memastikan tidak ada kecurangan termasuk saya juga akan fokus kalau di Bandung suka ada komplain tiba-tiba nilai ujiannya naik gara-gara ada bimbingan belajar melakukan hal tidak terpuji itu juga sudah kita koordinasikan dengan kepolisian," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com